Rabu, 18 Juli 2012

Pendidik Setenar Blackberry

Hai sobat yang sedang berada di seluruh penjuru dunia, siapa yang tidak mengenal merek ponsel ternama yang memiliki aplikasi super keren yang biasa disapa 'Blackberry Messenger'? Saya rasa kita semua telah mengetahui ponsel ternama ini, sebut saja 'Blackberry'. Beberapa orang merasa sangat sulit untuk berhenti menekan keypad Blackberry mereka dimanapun dan kapanpun, sehingga membuat pendidik merasa tidak dihargai ketika para peserta didik sibuk mengotak-atik ponsel genggam mereka saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Maka, ketika sang pendidik dapat menjadi setenar blackberry, semua akan menjadi luar biasa. 

Hal yang terpenting saat pendidik memulai proses pembelajaran, mereka harus terlebih dahulu mengecek situasi dan berusaha membuat seluruh konsentrasi peserta didik mereka ke materi atau pelajaran yang akan dipelajari, sehingga hal ini dapat membatu proses pencernaan materi ke setiap pikiran para peserta didik. 

Di luar proses pembelajaran, pendidik juga dituntut untuk dapat bergaul dengan para peserta didik, sehingga apabila ada hal-hal yang merupakan permasalahan mengenai pelajaran yang sedang dialami para peserta didik, pendidik dapat mencegah permasalahan tersebut menjadi tambah parah. Selain itu, pendidik juga dapat membantu para peserta didik keluar dari permasalan mengenai pelajaran tersebut. Pendidik dapat membantu para peserta didik dengan membuat kursus atau les tambahan yang menyenangkan mengenai pelajaran yang dianggap sebagai permasalahan yang dialami oleh para peserta didik. 

Di samping itu, apabila pendidik dapat bergaul dengan baik dengan para peserta didik, pendidik dapat menanyakan apa kekurangan yang dimiliki oleh pendidik saat menerangkan materi atau pelajaran kepada para peserta didik. Hal ini didukung oleh sifat saling terbuka antar kedua belah pihak, yaitu pendidik dan para peserta didik. 

Untuk menjadi setenar Blackberry, pendidik juga dituntut untuk selalu up to date terhadap segala permasalahan dan informasi-informasi mengenai dunia pendidikan dan berbagai informasi lainnya yang beredar di dunia maya, baik pada jejaring sosial, maupun di dunia nyata. Mengapa demikian? Hal ini diakibatkan karena para peserta didik lebih condong suka dan tertarik kepada pendidik yang gaul layaknya para kaula muda tanpa menghilangkan sikap dewasa pendidik itu sendiri. Dengan adanya ketertarikan dari peserta didik terhadap sikap dan perilaku pendidik, ini akan menimbulkan sikap terbuka, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan dapat meningkatkan minat para peserta didik untuk lebih giat serta antusias dalam belajar. 

Tidak hanya itu, pendidik juga harus memiliki ciri khasnya masing-masing saat mendidik para peserta didik. Hal ini ditujukan agar timbul suasana belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Misalnya pada ponsel Blackberry, Blackberry memiliki ciri khas berupa pengaksesan aplikasi Blackberry Messenger, yaitu sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh semua ponsel Blackberry sehingga membuat penggunaan ponsel Blackberry terasa lebih menyenangkan. 

Selain itu, kita juga dapat melihat Ustad M. Nur Maulana yang menggunakan bahasa, intonasi dan gaya serta gerakan khasnya untuk menghibur para jama'ah yang mendengarkan ceramah beliau, yaitu dengan menggunakan sapaan: "Jama'ah ohh jama'ah, ye ye! Alhamdulillah". 

Anda juga dapat melihat sosok Presiden Amerika saat ini, yaitu Presiden Barack Hussein Obama, beliau memiliki ciri khas dalam berbicara. Obama dikenal memiliki seni berbicara di depan publik. Obama juga   dikenal suka berbicara terus terang dan apa adanya. Jadi, sebagai pendidik yang berkewajiban mendidik para peserta didik, sudah sejauh mana persiapan Anda untuk menjadi pendidik?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar